Jumat, 04 Juni 2010

Peninggalan Mesir Kuno


Piramida dan firaun, mumi dan sihir, dan banyak lagi. Kaya, kuat, dan cinta damai, ini kerajaan Afrika Utara adalah rumah bagi sebuah peradaban indah yang berlangsung selama 3.000 tahun, dari sekitar 3.300SM sampai 30SM.

TANAH MERAH, HITAM TANAH
Mesir Kuno adalah wilayah luas, yang membentang 700 mil (1.100 kilometer) selatan dari Laut Mediterania. Sebagian besar adalah panas, kering, dan berdebu. Bangsa Mesir menyebutnya Deshret (tanah merah). Tapi sungai terpanjang di dunia, Sungai Nil, mengalir melalui gurun ini. Setiap tahun, sungai membanjiri wilayah sekitarnya. Banjir meninggalkan lengket, berbau lumpur atas tanah di pinggir sungai. Mesir disebut wilayah sungai Kemet (tanah hitam). Tanah ini sangat subur. Sekitar 5000 bc, orang Mesir kuno yang dibangun beberapa peternakan pertama di dunia dan desa-desa di sana.

HADIAH SUNGAI NIL
Mesir kadang-kadang disebut "hadiah Sungai Nil." Tergantung Semua kehidupan Mesir di sungai. Petani menggali saluran untuk membawa air untuk ladang gandum, anggur, dan bawang. bangsawan kaya, pedagang kota, dan negara miskin semua keluarga membangun rumah yang terbuat dari lumpur dijemur sungai. Berbentuk pengrajin tanah liat dari Sungai Nil ke gerabah, dan menenun kain dari tanaman rami yang tumbuh pada bank-bank. Keluarga menangkap ikan dan burung-burung sungai untuk makanan. Anak-anak bermain di kolam di tepi sungai, tapi mereka harus hati-hati untuk buaya pembunuh!

KEHIDUPAN DI MESIR KUNO
Kebanyakan rumah Mesir kuno telah kerja hanya dua atau tiga kamar, dengan di atas atap. Orang-orang kaya membangun rumah yang lebih besar, dengan dinding-dinding dicat, perabotan bagus, taman, dan kolam. Pada keluarga miskin, perempuan mengenakan gaun buatan sendiri kasar dan laki-laki mengenakan kain yang diikatkan pada pinggul. Tapi kaya mampu meringkuk wig, makeup, pakaian berwarna, dan perhiasan. Mereka pelayan dan budak bekerja untuk mereka.
Kaya atau miskin, semua orang Mesir terhormat kehidupan keluarga. Mereka menikah muda dan memiliki banyak anak. Keluarga bekerja bersama dan bermain bersama. orang Mesir suka game, cerita, musik, menari, dan pesta-pesta liburan, dan parade.
Orang-orang Mesir percaya dewa sihir dan banyak. Orang-orang membangun kuil kecil untuk dewa favorit mereka. Mereka memakai jimat (jimat), dan membacakan doa dan mantra. Mereka juga membangun patung-patung dewa mewakili. Yang paling terkenal adalah Sphinx Agung Giza. Ini patung besar dengan tubuh singa dan kepala manusia yang masih berdiri saat ini.

HIEROGLIF DAN PAPIRUS
Orang Mesir kuno memiliki sistem yang kompleks penulisan dikenal sebagai hieroglif. Bentuk tulisan ini tampak seperti kolom gambar kecil. Ini gambar-simbol yang disebut hieroglif. Tidak semua orang bisa membaca hieroglif. Membaca dan menulis adalah pekerjaan cendekiawan khusus yang disebut ahli Taurat.

Juru tulis menulis dalam hieroglif pada papirus, semacam kertas yang terbuat dari alang-alang. Ini adalah beberapa tulisan pertama di dunia! Halaman puisi, lagu, cerita, matematika, sains, dan astronomi semuanya telah diawetkan.

FIRAUN YANG KUAT
raja-raja Mesir dikenal sebagai firaun. Mesir mengatakan firaun adalah anak-anak dewa. Mereka link antara langit dan bumi. Firaun adalah imam kepala, anggota parlemen, dan komandan tentara kerajaan. Mereka memberi perintah kepada gubernur, hakim, pajak kolektor, dan tentara. Mereka membuat perjanjian dengan penguasa asing dan perdagangan dikontrol dengan negara lain. Semua orang Mesir harus membayar pajak kepada mereka atau bekerja pada proyek pembangunan mereka.

PIRAMIDA DAN MUMI
Beberapa firaun telah membangun piramida besar. Sebuah piramida adalah makam batu besar. Membangun piramida merupakan sebuah proyek besar. Ribuan orang bekerja selama bertahun-tahun untuk membangun satu. Beberapa blok batu yang membentuk piramida berat lebih dari dua gajah!
Orang Mesir kuno percaya bahwa tubuh mereka harus bertahan hidup untuk kehidupan setelah kematian. Mereka telah tubuh mereka dibuat menjadi mumi. Mumi yang diawetkan, dikeringkan, dan terbungkus kain. Mesir berharap ini akan membantu jiwa mereka hidup setelah mereka mati. mumi Firaun ditempatkan di piramida atau kuburan besar dikelilingi oleh harta yang akan digunakan di akhirat. Panduan ke dunia orang mati yang ditulis dalam hieroglif pada papirus telah ditemukan dengan mumi. Kebanyakan mumi kerajaan, dan harta dikuburkan dengan mereka, dicuri oleh perampok kuburan lama.

PENGINGAT MASA LALU YANG ABADI
kaya peradaban Mesir menarik banyak penjajah. Tapi bertahan selama ribuan tahun. Dalam 30 bc, Mesir terakhir firaun-Ratu Cleopatra-bunuh diri daripada menyerah kepada penakluk Romawi. Itu 2000 tahun yang lalu. Tapi Mesir kuno tidak dilupakan. Beberapa mumi begitu terjaga dengan baik bahwa mereka masih di sekitar. Beberapa dari mereka berada di museum. Dan banyak monumen Mesir kuno terbesar, termasuk banyak piramida, yang masih berdiri. Anda dapat mengunjungi mereka!

Ditulis Oleh : Taat Setiabudi // Jumat, Juni 04, 2010
Kategori:

0 comments:

Poskan Komentar